Selasa, 27 Maret 2012

Cinta: dalam Al-Qur'an dan Hadis

Cinta: dalam Al-Qur'an dan Hadis
Dari Al-Qur'an
ومن ٱلناس من يتخذ من دون ٱلله أندادا يحبونہم كحب ٱلله وٱلذين ءامنوا أشد حبا لله ولو يرى ٱلذين ظلموا إذ يرون ٱلعذاب أن ٱلقوة لله جميعا وأن ٱلله شديد ٱلعذاب
"Tapi ada beberapa orang, yang menggantikan Allah dengan saingan, mencintai mereka sebagaimana Allah dicintai. Tapi orang-orang beriman mencintai Allah lebih intens "(QS Al-Baqarah 2:165)
  زين للناس حب الشهوات من النساء والبنين والقناطير المقنطرة من الذهب والفضة والخيل المسومة والأنعام والحرث ذلك متاع الحياة الدنيا والله عنده حسن المآب
"Itu dibuat menarik bagi orang, cinta mereka mendambakan hal, perempuan, anak, menumpuk-up banyak emas dan perak, kuda bermerek, ternak dan akan digarap-lahan. Namun itu untuk menikmati kehidupan duniawi, tetapi Allah, dengan-Nya adalah kepulangan yang indah "(QS. Imran 3:14)
Allah menyukai:
Mereka yang melakukan perbuatan baik (QS. Al-Baqarah 2:195)
Mereka yang meminta kepada-Nya untuk pengampunan ((QS. Al-Baqarah 2:222)
Mereka yang menyucikan diri (QS. Al-Baqarah 2:222)
Mereka yang takut akan Allah (QS. Imran 3:76)
Mereka yang yang sabar (QS. 3:146 Imran)
Mereka yang percaya kepada-Nya (QS. 3:159 Imran)
Mereka yang berlaku adil (QS. Maida 5:42)
Mereka yang berjuang untuk tujuan-Nya (QS. 61:4 Saff)
Mereka yang mengikuti Rasul-Nya (QS. Imran 3:31)
Allah tidak suka:
Para agresor (QS. Al-Baqarah 2:190)
Orang-orang kafir (QS. Imran 3:32)
Mereka yang menimbulkan ketidakadilan (QS. Imran 3:57)
Jahat (QS. Maida 5:64) dan pelaku kejahatan (QS. Al-Baqarah 2:205)
Mereka yang sombong (QS Nisa 4:36)
Mereka yang menghabiskan boros (QS. 6:141 Anaam)
­­­­­­­­­­­                       
  لن تنالوا البر حتى تنفقوا مما تحبون وما تنفقوا من شيء فإن الله به عليم
"Anda tidak akan mencapai kebenaran, kecuali Anda memberikan dari apa yang Anda cintai" (QS. Imran 3:92)
ذلك بأنهم استحبوا الحياة الدنيا على الآخرة وأن الله لا يهدي القوم الكافرين
"Mereka (orang kafir) mencintai kehidupan dunia lebih dari akhirat" (QS. 16:107 Nahl)
  يا أيها الذين آمنوا إن جاءكم فاسق بنبإ فتبينوا أن تصيبوا قوما بجهالة فتصبحوا على ما فعلتم نادمين
واعلموا أن فيكم رسول الله لو يطيعكم في كثير من الأمر لعنتم ولكن الله حبب إليكم الإيمان وزينه في قلوبكم وكره إليكم الكفر
إليكم الكفر والفسوق والعصيان أولئك هم الراشدون
فضلا من الله ونعمة والله عليم حكيم
"O Anda percaya ... Allah telah membuat Anda mencintai Iman, dan membuatnya begitu indah di dalam hati Anda, dan telah membuat Anda membenci kekafiran, imoralitas dan pemberontakan. Ini adalah orang benar. Ini adalah rahmat dan karunia, dari Allah, karena Allah Maha luas dan Maha Bijaksana "(QS. Hujurat 49:6-8)
قل إن كنتم تحبون الله فاتبعوني يحببكم الله ويغفر لكم ذنوبكم والله غفور رحيم
"Katakanlah (hai Muhammad)" Jika Anda mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu, karena Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ". QS. Imran (3:31)
  يا ترون. لا تحب أن الله لن يغفر لكم
"O Anda percaya ... Jangan Anda cintai bahwa Allah akan memaafkanmu?" (QS. Noor 24:22)
Hadis:
"Allah SWT berkata: Jika hamba-Ku yang mencintai pertemuan dengan Aku, aku senang bertemu dengannya, dan jika ia membenci pertemuan dengan Aku, aku membenci pertemuan dengannya." (Al-Bukhari)
"Allah mencintai kebaikan ketika Anda menghadapi masalah apapun" (Al-Bukhari dan Muslim)
"Anda tidak akan masuk surga sampai kamu beriman dan Anda tidak akan memiliki iman sampai kamu saling mengasihi. Apakah Anda ingin saya untuk memberitahu Anda sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk membuat kamu saling mengasihi? Biasakan untuk menyapa satu sama lain dengan "Assalaamu alaikum" - damai atasmu ". (Muslim)
"Berikan hadiah kepada satu sama lain, karena ini akan membuat kamu saling mengasihi." (Muslim)
"Orang yang paling dicintai oleh Allah SWT pada hari kiamat dan paling dekat kepada-Nya adalah penguasa yang adil. Dan orang yang paling dibenci oleh Allah SWT pada Hari Penghakiman dan terjauh dari-Nya adalah penguasa yang tidak adil "(Tirmizi).
"Jika seorang Muslim mencintai saudara Muslimnya, ia harus memberitahu dia." (Tirmizi)
Allah akan mengatakan pada hari kiamat: "Di manakah mereka yang saling mencintai demi kemuliaan-Ku? Hari ini saya akan tempat tinggal mereka dengan naungan-Ku, karena tidak ada naungan kecuali naungan hari ini saya (muslim) "."
"Allah SWT berkata:" Hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan tidak lebih dicintai oleh Me daripada ibadah yang saya wajibkan atasnya. Hamba-Ku terus berusaha mendekat kepada Aku dengan pengabdian lagi, sampai Aku mencintainya. Ketika Aku mencintainya, Aku akan menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar, penglihatan, yang dengannya dia melihat, tangannya yang dengannya dia menyerang, kakinya yang ia berjalan. Ketika dia bertanya Me untuk sesuatu, saya akan merespon dan ketika ia mengambil tempat perlindungan di dalam Aku, Aku akan memberikan kepadanya. Saya tidak ragu dalam melakukan apapun yang saya berniat untuk melakukan sebanyak yang saya ragu dalam merebut jiwa hamba yang setia Ku ia membenci kematian dan Aku benci menyakitinya. Namun kematian adalah suatu keharusan baginya (Al-Bukhari) "."
"Jika Allah akan mencintai hamba-Nya Dia akan memanggil malaikat Jibril dan mengatakan kepadanya" Saya mencintai orang ini, oleh karena itu mencintainya "Dan Jibril akan mencintainya dan memanggil di langit". Allah menyukai orang ini, oleh karena itu mencintainya. "Dan penduduk langit akan mencintainya. Lalu dia akan dipeluk oleh masyarakat dunia ini. Tetapi jika Allah akan membenci hamba-Nya, Dia akan memanggil Jibril dan mengatakan kepadanya "Saya membenci orang ini, oleh karena itu membenci dia". Dan Jibril (AS) akan membenci dia dan memanggil di langit Dan "Allah membenci orang ini, oleh karena itu membenci dia." Penghuni langit akan membenci dia. Kemudian ia akan dibenci oleh orang-orang dari dunia ini "(HR Muslim).
"Allah SWT mengatakan" saya sebagai hamba-Ku mengharapkan Aku adalah. Saya dengan dia jika dia mengingat Aku. Jika dia mengingat Aku dalam hati, aku akan ingat dia ke Saya sendiri. Dan jika ia mengingat-Ku dalam suatu pertemuan, saya akan mengingatnya dalam suatu majelis, yang bahkan lebih baik. Dan jika hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan rentang tangan, saya berpaling kepadanya oleh lengan panjang dan jika ia mendekat kepada-Ku dengan lengan panjang, saya berpaling kepadanya oleh panjang depa itu. Dan jika hamba-Ku datang ke saya berjalan, saya akan pergi kepadanya mempercepat "(Al-Bukhari).
"Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT dari mukmin yang lemah, meskipun kedua kebaikan beruang. Jadi, mencari sabar apa manfaat Anda yang paling dan mencari bantuan Allah. Jangan menunjukkan kelemahan dalam perjuangan Anda dan jika sesuatu yang buruk terjadi pada Anda, jangan mengatakan "jika saya telah melakukannya dan demikian, maka ini dan itu tidak akan terjadi", tapi mengatakan "itu adalah takdir saya dan Allah telah memungkinkan apa yang Dia berharap ", karena 'jika' dalam konteks ini akan membuka pintu bagi setan untuk bekerja pada Anda. kata"
"Seorang pria datang kepada Nabi (SAW) dan bertanya" Wahai Rasul Allah, memberitahu saya tentang sesuatu yang saya lakukan untuk memenangkan cinta Allah dan cinta rakyat ". Nabi menjawab, "Janganlah kamu mengasihi dunia ini, Allah akan mencintaimu dan tidak memiliki kerinduan untuk apa pun yang orang miliki, orang akan mencintaimu". (Ibn-Majah)
"Tak satu pun dari Anda benar-benar akan percaya sampai Anda mencintai saudara Anda apa yang Anda cintai untuk diri sendiri". (Al-Bukhari)
"Barangsiapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan menahan karena Allah telah iman yang sempurna." (Abu Dawud)
"Ada tiga karakteristik siapa pun yang memiliki mereka akan merasakan manisnya iman: bahwa Allah dan Rasul-Nya (saw) lebih dicintai oleh-Nya dari segala sesuatu yang lain, bahwa ia mencintai atau tidak mencintai seseorang hanya karena Allah dan bahwa ia akan membenci untuk kembali ke dalam kekafiran sebagaimana ia benci untuk dilemparkan ke dalam api "(Al-Bukhari).
"Ada tujuh yang Allah akan menaungi dengan naungan-Nya di hari ketika tidak ada naungan kecuali Nya, seorang pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam penyembahan Tuhan-Nya, seorang pria yang hatinya melekat pada masjid, dua orang yang saling mencintai hanya karena Allah, bertemu dan berpisah karena cinta itu, seorang pria yang menolak panggilan dari seorang wanita yang terpandang dan keindahan untuk melakukan percabulan, tetapi ia menolak dan mengatakan "Saya takut kepada Allah", seseorang yang memberikan sedekah diam-diam sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang tangan kanannya telah diberikan dan seorang pria yang matanya banjir dengan air mata setiap kali dia mengingat Allah dalam pribadi "(Al-Bukhari).
"Ketika seorang pria bertanya nabi, semoga damai Allah dan rahmat atas dia," Ya Rasulullah, kapan hari kiamat terjadi? ", Nabi (SAW) menjawab," Apa yang telah Anda siap untuk itu "dia? berkata, "Aku belum siap untuk itu banyak doa, puasa atau amal, tetapi aku mencintai Allah dan Rasul-Nya intens," kata Nabi (SAW), "Engkau akan bersama orang-orang yang Anda cintai." (Al- Bukhari)





llah bagi kita, tapi seperti yang akan kita lihat, kasih Tuhan melampaui definisi manusia dari cinta ke titik yang sulit bagi kita untuk memahami.
Allah adalah Cinta: Bagaimana Tuhan Tentukan Cinta?
Alkitab mengatakan kepada kita bahwa "Allah adalah kasih" (1 Yohanes 4:8). Tapi bagaimana kita bisa mengerti kebenaran itu? Ada banyak bagian dalam Alkitab yang memberikan kita definisi Tuhan tentang cinta. Ayat yang paling terkenal adalah Yohanes 3:16, "Karena Allah begitu mengasihi dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya akan Dia tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." Jadi salah satu cara Allah mendefinisikan cinta dalam tindakan memberi. Namun, apa Allah memberikan (atau harus kami katakan, "yang" Allah memberi) bukan hanya hadiah dibungkus ini; Allah mengorbankan Anak-Nya sehingga kita, yang menaruh iman kita di dalam Anak-Nya, tidak akan menghabiskan kekekalan terpisah dari-Nya . Ini adalah cinta yang luar biasa, karena kita adalah orang-orang yang memilih untuk menolak Tuhan, namun itu Allah yang mends pemisahan melalui pengorbanan intens pribadi-Nya, dan yang harus kita lakukan adalah menerima hadiah-Nya.

Ayat lain yang besar tentang kasih Allah ditemukan dalam Roma 5:8, "Tetapi Allah sudah menyatakan kasihnya akan kita dalam, ketika kita masih berdosa, Kristus telah mati untuk kita." Dalam ayat ini dan dalam Yohanes 3:16, kita tidak menemukan kondisi ditempatkan pada kasih Allah bagi kita. Tuhan tidak berkata, "segera setelah Anda membersihkan tindakan Anda, saya akan mencintaimu;" Dia juga tidak mengatakan, "Saya akan mengorbankan Anak saya jika Anda berjanji untuk mengasihi Aku." Bahkan, dalam Roma 5:8, kita menemukan sebaliknya. Tuhan ingin kita tahu bahwa kasih-Nya tanpa syarat, sehingga Dia mengutus Anak-Nya, Yesus Kristus, untuk mati bagi kita ketika kita masih berdosa tidak layak dicintai. Kami tidak harus mendapatkan bersih, dan kami tidak harus membuat janji kepada Tuhan sebelum kita dapat mengalami kasihNya. Kasih-Nya bagi kita selalu ada, dan karena itu, Dia melakukan semua memberi dan mengorbankan jauh sebelum kita bahkan menyadari bahwa kami perlu kasih-Nya.
Allah adalah Cinta: Ini Unconditional
Allah adalah kasih, dan kasih-Nya sangat berbeda dengan cinta manusia. Kasih Tuhan tanpa syarat, dan itu tidak didasarkan pada perasaan atau emosi. Dia tidak mengasihi kita karena kita dicintai atau karena kita membuat Dia merasa baik, Dia mengasihi kita karena Dia adalah kasih. Dia menciptakan kita untuk memiliki hubungan yang penuh kasih dengan-Nya, dan Dia mengorbankan Anak-Nya sendiri (yang juga rela mati bagi kita) untuk memulihkan hubungan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar